source:https://qris.id/homepage/images/assets/pay/qris-pasal-2-a.jpg
Warganet yang sering jajan-jajan pake E-Wallet lagi pada komplain nih soal pedagang yang ngecas tambahan biaya yang kelewatan buat pembeli, bahkan bisa sampe 10 persen dari total transaksi. Para pengguna QRIS juga pada protes soal biaya transaksi QRIS (Quick Response Code Indonesia Standar) yang mereka kena pas belanja di warung makan.
Namanya Juli, seorang karyawan swasta yang udah 33 tahun, dia cerita kalo setiap hari dia bisa bertransaksi pake QRIS sampe 5 kali, mulai dari beli sarapan, cemilan, kopi susu, makan siang, sampe makan malem. Lama-lama, dia ngeluh nih kalo sekarang semua warung minta nambahin Rp1.000 buat scan barcode. Menurut dia, persentase yang diminta itu gede banget daripada yang ditetapkan. Padahal, Bank Indonesia cuma ngenain biaya 0,3 persen dari nilai transaksi buat pedagang mikro aja.
“Tadi pagi, gue beli bubur setengah porsi harganya Rp10.000, terus tukang bubur minta ditambahin Rp1.000 jadi Rp11.000. Angka yang diminta tukang bubur itu lebih dari 0,3 persen,” kata dia pas ketemu di Jalan Setiabudi, Rabu (12/7/2023). Dia ngerasa kalo 0,3 persen dari Rp10.000 kan cuma Rp30. Tapi banyak pedagang yang gamau rugi dan minta sampe 10 persen dari total transaksinya.
Ada juga nih, cerita dari Ramdani, mahasiswa UPN Veteran Jakarta, yang bilang kalo dia juga kena cas biaya transaksi Rp1.000 tiap kali transaksi di kantin kampus. Udah dari tahun lalu, dia udah tambahin Rp1.000 kalo beli makanan di kantin. “Harga gado-gado di kantin biasanya Rp15.000, tapi pedagangnya minta ditambahin Rp1.000 kalo bayarnya pake QRIS.
Ada-ada aja ya Pedagang bandel yang gamau rugi, karena itu banyak banget masyarakat yang komplain soal ini, padahal menurut masyarakat bayar pake qris itu lebih memudahkan dari pada cash, gimana nih menurut Buzztie?